♥ Diary Zahra ♥ ♫ © 2009 - 2012. Diberdayakan oleh Blogger.

Langkah Mudah Membuat Blog di Blogspot

>> Minggu, 29 Mei 2011

Hi readers, kali ini zahra mau coba buat tutor singkat membuat blog di Blogger. Kenapa harus blogger...??? Ya karena emang lagi pengin buat tutor tentang Blogspot. Lol. Bukan itu sih, tapi menurut pengalaman buat blog di Blogger mempunyai lebih banyak keuntungan. Salah satu yang paling menonjol adalah, support dari mbah Google, karena Blogger emang punya Google. hehee

Oke, gak usah panjang lebar dan kita mulai saja langkah-langkahnya.

Sebelum memulai semuanya, tentunya kita harus masuk dulu ke page blogger di www.blogger.com
 Jika sudah siap, silahkan klik Get Started
1. Kita ciptakan sebuah akun, seperti yang tampak pada gambar
Kita harus mengisikan data-data yang diminta, seperti alamat email, password, jenis kelamin, tanggal lahir dll. Saya rasa untuk langkah awal dapat dilalui dengan mudah. Jika sudah selesai maka klik next yang terletak pada bagian ujung bawah sebelah kanan pada halaman.

Dan kita akan memasuki step yang ke dua.
2. Pada Step ini kita akan memberikan suatu nama/judul pada blog kita (yang nampak dibagian atas pada halaman blog) dan alamat blog (yang nampak pada adres bar di halaman blog. ex: http://maribelajar-2torial.blogspot.com/ ).
Nama Blog dan alamat blog dapat kita tentukan sendiri, tapi disarankan nama blog dapat mewakili isi atau kontent yang akan anda buat nantinya. Untuk memilih alamat blog, pilihah alamat yang sesimple mungkin yang mudah untuk diingat.
Untuk alamat blog, tentu saja satu alamat hanya dapat digunakan oleh satu akun. Jadi untuk mengetahui apakah sudah ada akun yang memakai alamat yang anda inginkan (ex: saya ingin alamat maribelajar.blogspot.com) maka setelah mengetikkan alamat klik Cek Ketersediaan terlebih dahulu . Ternyata alamat tersebut tidak tersedia (nampak pada gambar) yang artinya sudah ada akun yang menggunakan alamat tersebut.
Setelah kita memasukkan alamat lain (ex: maribelajar-2torial.blogspot.com), ternyata tersedia. Lalu klik Next.
3. Langkah selanjutnya adalah memilih template. Kita hanya perlu memilihnya dan klik Next.
Setelah mengklik Next maka blog anda sudah jadi. Akan tetapi jika dibuka blog anda masih kosong, dan kita perlu mengisinya. Isi/kontent dalam blog tidak ditentukan oleh blogger atau siapapun. anda dapat menentukannya sendiri sesuai dengan keinginan. Tapi isi/kontent yang di harapkan adalah yang bermanfaat  tentunya. :D
Nah kita sekarang anda dapat melakukan posting ataupun mengubah tampilan blog anda. Tapi kali ini kita akan mencoba membuat postingan anda yang pertama. Klik saja Mulai Blogging atau Mulai ngepost sekarang.
Dan akan nampak layar seperti ini.
Isikan Judul Dengan Judul artikel atau posting yang anda buat. Dan anda dapat mengetikkan teks, menyisipkan video, gambar, link dll kedalam postingan. Mengubag ukuran Besar Kecil Font, warna, stiyle dll.
Contoh jika kita menyisipkan gambar pad apostinga.
NB: Jika ingin tulisan kita lebih tertata rapi dalam suatu kelompok, anda dapat menambahkan label. Ketikkan nama label yang sesuai dengan postingan anda dalam kotak label, pisahkan dengan koma. Anda dapat membuat satu postingan dengan beberapa label. ex: TT DJ, Mp3, Lyrick, Music dll
Anda juga dapat mengatur komentar pembaca dan kapan entri/postingan anda diterbitkan di dalam Post Option yang ada di bawah kotak direktori.

Setelah selesai anda dapat mengklik Terbitkan Entri.

Dan lihat apa hasilnya..??
Cukup mudah bukan...?
Saya yakin anda dapat melakukannya, karena sayapun begitu.
Demikian tutorial hari ini dan kita akan membahas persoalan lain di lain kesempatan.
Salam Blogger.


Write By: ZahRaa

2 komentar:

Unknown Minggu, Mei 29, 2011 4:58:00 PM  

cute bener kak blognya. pinky. :)

Unknown Minggu, Mei 29, 2011 10:18:00 PM  

@Syifa Azz : Heheheeee
Iya neh, gak ada pilihan lain soalnya. hahaaa

Followers

    © ♥ Diary Zahra ♥ ♫. Friends Forever Template by Emporium Digital 2009

Back to TOP